sunbanner

Viral! Puluhan Kasus Leptospirosis Ditemukan di Jogja Jawa Tengah, Dinkes Ingatkan Warga Jaga Kebersihan Diri

Viral! Puluhan Kasus Leptospirosis Ditemukan di Jogja Jawa Tengah, Dinkes Ingatkan Warga Jaga Kebersihan Diri

Viral! Puluhan Kasus Leptospirosis Ditemukan di Jogja Jawa Tengah, Dinkes Ingatkan Warga Jaga Kebersihan Diri-ricky-kharawal/unplash-

Himbauan Jaga Kebersihan dari Jogjakarta 

Data dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta hingga bulan Oktober 2023 mencatat ada 22 kasus Leptospirosis. Pada tahun 2022, terdapat 16 kasus penyakit ini dan 2 kasus berakhir dengan kematian.

Emma menjelaskan bahwa mayoritas penderita Leptospirosis adalah mereka yang tinggal dekat dengan lahan pertanian, banyak beraktivitas di sekitar tumpukan sampah, atau kurang memperhatikan kebersihan genangan air.



Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan, terutama di sekitar rumah, sangat penting dalam pencegahan penyakit ini.

Selain itu, Leptospirosis juga dapat masuk ke tubuh melalui luka atau lecet yang terpapar air yang terkontaminasi bakteri Leptospira.

Untuk itu, masyarakat diingatkan untuk rajin mencuci tangan, terutama setelah bersentuhan dengan hewan atau setelah beraktivitas di luar ruangan.





×

Baca juga: Siapa Sosok Pemain Liga Voli Korea Selatan yang Mendapat Julukan Ninja Berkerudung? Inilah Profil Biodata Megawati Hangestri Pertiwi Penyabet Juara Atlet

Baca juga: Beber Pengakuan Suami Dokter KDL Terkait Dugaan Kumpul Kebo Secara Bebas di Kedokteran UNHAS, Begini Ungkapnya!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr