sunbanner

Ibukota Jawa Timur Bakal Terpecah Belah! Pemerintah Sepakat Buat Dua Daerah Baru, Pusat Pemerintahan Berubah?

Ibukota Jawa Timur Bakal Terpecah Belah! Pemerintah Sepakat Buat Dua Daerah Baru, Pusat Pemerintahan Berubah?

daerah-pexels-abdi-

Provinsi Jawa Timur, yang memiliki luas wilayah sebesar 47.803,49 km2, memegang peran penting dalam keragaman geografi dan budaya Indonesia.

Terletak di bagian timur Pulau Jawa, provinsi ini adalah salah satu yang terluas di Indonesia.



Dengan pembagian administratif berupa 29 kabupaten dan 9 kota, Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang paling banyak dihuni di Indonesia.

Namun, dalam luas wilayah yang sangat besar ini, ada kabupaten yang terletak cukup jauh dari pusat pemerintahan provinsi, yakni kota Malang yang berjarak sekitar 95 km dari pusat Kota Malang.

Keberadaan kabupaten ini yang begitu jauh dari pusat pemerintahan bisa mengakibatkan beberapa tantangan, terutama dalam hal pelayanan publik dan administrasi.





×

Untuk mengatasi tantangan ini, muncul ide untuk melakukan pemekaran wilayah. Dengan memekarkan wilayah, diharapkan akan tercipta dua daerah yang lebih efisien dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Baca juga: Intip Daftar dan Jadwal Rilis Drakor Korea Selatan Terbaru Bikin Kepo Penggemar, Berikut 6 Drama Siap Tayang di Bulan November 2023 Mendatang!

Baca juga: Cara Mudah Buat Poster Ala Disney Pixar Pakai AI Viral TikTok! Buat Gambar Keinginan Anda Sesuai Karakter Kartun

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr