sunbanner

Provinsi Baru Pemekaran Sulawesi Tenggara Namanya Apa? Begini Potensi Kabupaten Buton Calon Ibukotanya, Pernah Bersejarah Pada Masanya

Provinsi Baru Pemekaran Sulawesi Tenggara Namanya Apa? Begini Potensi Kabupaten Buton Calon Ibukotanya, Pernah Bersejarah Pada Masanya

daerah-jenis/pexels-

Isu mengenai pemekaran Sulawesi Tenggara menjadi pembahasan serius. Provinsi ini diyakini akan segera mengalami pemekaran dengan pembentukan satu provinsi baru.

Bahkan lokasi yang akan menjadi ibukota dari provinsi baru ini telah ditentukan.



Ibukota yang diusulkan akan terletak sekitar 172 km dari ibukota provinsi saat ini, Kendari. Pemilihan lokasi ini sangat penting, mengingat wilayah Sulawesi Tenggara yang begitu luas dan kompleks.

Keputusan ini telah diumumkan oleh Ali Mazi, dan ia telah menyerahkan semua persyaratan dan berkas yang diperlukan kepada Ketua DPD RI, La Nyalla Mattaitti.

Ali Hamzah juga menekankan bahwa pemekaran provinsi ini merupakan salah satu tujuan nasional dan prioritas. Provinsi yang baru akan diberi nama "Provinsi Kepulauan Buton."





×

Rencana pemekaran ini merupakan respons terhadap aspirasi masyarakat setempat, dan sejumlah daerah direncanakan akan bergabung dalam provinsi baru ini.

Baca juga: Ibukota Jawa Timur Bakal Terpecah Belah! Pemerintah Sepakat Buat Dua Daerah Baru, Pusat Pemerintahan Berubah?

Baca juga: Beredar Video Jokowi Berpidato Fasih Dalam Bahasa Mandarin, Kominfo Bongkar Kabar Hoax dan Teknik Gunakan Deepfaker

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr