sunbanner

Hampir Setara Liechtenstein! Sumatera Selatan Akhirnya Punya Provinsi Baru dengan 1 Kota dan 3 Kabupaten Resmi Disahkan Pada 2 September

Hampir Setara Liechtenstein! Sumatera Selatan Akhirnya Punya Provinsi Baru dengan 1 Kota dan 3 Kabupaten Resmi Disahkan Pada 2 September

desa-MabelAmber/pixabay-

Setelah kemerdekaan Indonesia, wilayah ini masuk sebagai bagian dari provinsi Sumatera sebelum akhirnya terpecah menjadi Sumatera Selatan, dengan satu kota dan tiga kabupaten sebagai bagian integralnya.

Dorongan untuk memekarkan satu kota dan tiga kabupaten ini muncul karena luasnya wilayah provinsi induk yang terlampau besar.



Dengan adanya pemekaran, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih optimal, dan pemerintah akan lebih mudah dalam melakukan pemerataan pembangunan.

Pada tanggal 12 September 1967, provinsi baru ini akhirnya disahkan dan diberi nama Bengkulu.

Bengkulu awalnya terdiri dari satu kota dan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kota Bengkulu.





×

Kota Bengkulu menjadi pusat pemerintahan sekaligus ibukotanya, sesuai dengan UU Nomor 9 Tahun 1967.

Seiring berjalannya waktu, provinsi ini telah mengalami perkembangan pesat, dengan penambahan daerah baru sehingga administratif memiliki 10 kabupaten dan 1 kota.

Baca juga: Yamaha Ungkap, Kenapa Posisi Tangki Bensin Yamaha Lexi LX 155 Masih di Bawah Jok?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr