sunbanner

Ternyata Ini Dampak Pemekaran Sumatera Timur Terhadap Penduduk Wilayah Sumatera Utara! Munculnya Beberapa Kabupaten dan Kota Baru

Ternyata Ini Dampak Pemekaran Sumatera Timur Terhadap Penduduk Wilayah Sumatera Utara! Munculnya Beberapa Kabupaten dan Kota Baru

Daerah Otonomi Baru! Labuhan Batu Provinsi Baru di Sumatera Timur Geser Ibu Kota dan Rubah Sejumlah Daerah Lama, Benarkah?--

Namun, pada akhirnya, Negara Sumatera Timur mengalami perubahan dan dihapus, menjadi wilayah Provinsi Sumatera Utara seperti yang ada saat ini.

Usulan untuk menghidupkan kembali status Provinsi Sumatera Timur muncul berdasarkan latar belakang sejarah tersebut, di mana daerah ini pernah memiliki kedudukan sebagai entitas tersendiri sebelum berintegrasi menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Utara.



Berdasarkan dasar tersebut, muncul wacana untuk mengembalikan kejayaan masa lalu dengan membentuk Provinsi Sumatera Timur sebagai bentuk pemekaran dari wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Setidaknya, terdapat enam kabupaten yang akan bergabung dengan Provinsi Sumatera Timur ini sebagai hasil dari pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Keenam kabupaten tersebut adalah Kota Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara, dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Rencananya, ibukota dari Provinsi Sumatera Timur akan berlokasi di Kota Tanjung Balai.





×

Ketua Komite Pemekaran Provinsi Sumatera Timur (KPPST), Muskim Simbolon, menyatakan bahwa usulan untuk pembentukan provinsi baru ini sudah diajukan sejak tahun 2002.

Pihaknya juga telah melakukan kajian melalui Pusat Penelitian Universitas Medan terkait usulan Provinsi Sumatera Timur.

Muskim Simbolon menegaskan bahwa semua persyaratan untuk pembentukan Provinsi Sumatera Timur telah dilengkapi dan diserahkan ke Pemerintah Pusat.

Studi yang dilakukan mengenai 35 indikator persyaratan telah menunjukkan bahwa Provinsi Sumatera Timur memperoleh hasil poin 452, yang menandakan bahwa pembentukan provinsi baru ini sangat direkomendasikan.

Simak pada halaman berikutnya,

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr