sunbanner

Bukan Hoax? Pengumuman Heboh dari Papua, Wilayah Baru Terbentuk Diatas Wilayah 23.813 KM2, Benarkah Gara-gara DPR-RI?

Bukan Hoax? Pengumuman Heboh dari Papua, Wilayah Baru Terbentuk Diatas Wilayah 23.813 KM2, Benarkah Gara-gara DPR-RI?

Bukan Hoax? Pengumuman Heboh dari Papua, Wilayah Baru Terbentuk Diatas Wilayah 23.813 KM2, Benarkah Gara-gara DPR-RI?--

Sebab, wilayah baru yang menjelma di Papua ini dilihat sebagai medan yang subur untuk berkembang secara mandiri, dengan potensi yang melimpah.

Perhatian tertuju pada pertanyaan menarik: apakah kehadiran wilayah baru ini benar-benar diprakarsai oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia?



Sebagaimana dilansir melalui laman resmi kemendagri.go.id, di sana tergambarkan dengan jelas tentang perjalanan pembentukan wilayah baru yang berlabuh di tanah Papua.

Baca juga: Juwana Angkat Kaki dari Jawa Tengah! Ngamuk Karena Tak Menduduki Posisi Utama Nominasi 5 Kecamatan Teramai di Kabupaten Pati, Juaranya Malah Ini

Baca juga: Provinsi Baru Seluas 3.170,64 Km² Akhirnya Bikin Provinsi Baru Usai Membelah Jawa Tengah Menjadi Dua, Cuma 1 Jam aja Dari Semarang





×

Dari catatan, wilayah baru ini resmi berdiri pada 15 Maret 2007, sebagai respons terhadap UU Nomor 19 Tahun 2007 yang menggariskan pembentukan wilayah baru di Provinsi Papua.

Sebuah kabupaten baru yang menancapkan akarnya dengan nama Barumo, menjelma sebagai hasil pencerahan dari proses pemekaran wilayah yang bersarang di Kabupaten Sarmi.

Sebagai wilayah induk, Kabupaten Sarmi merangkak dengan luas 17.742 kilometer persegi, sementara wilayah baru ini melebarkan sayapnya hingga 23.813 kilometer persegi.

Peta wilayahnya menjalar mengapit Kabupaten Waropen, Kabupaten Sarmi, dan Kabupaten Puncak, sementara juga berdekatan dengan Kabupaten Tolikara dan Kabupaten Mamberamo Tengah.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr