sunbanner

Cek Kabar Terkini Pemekaran Provinsi Sulawesi Tengah, Rencana Menyatunya Dua Kabupaten dengan Sulawesi Timur Terancam Gagal

Cek Kabar Terkini Pemekaran Provinsi Sulawesi Tengah, Rencana Menyatunya Dua Kabupaten dengan Sulawesi Timur Terancam Gagal

Kabupaten Banggai--

Akibatnya, saat ini hanya ada empat kabupaten yang akan bergabung dengan Provinsi Sulawesi Timur. Bupati Banggai, Amiruddin, juga telah mengkonfirmasi hal tersebut kepada wartawan pada bulan Februari 2023, karena ketiga kabupaten tersebut merupakan penyumbang PAD terbesar di Provinsi Sulteng.

Namun, Amiruddin memiliki solusi untuk memenuhi syarat pembentukan Provinsi Sulawesi Timur, yaitu dengan melakukan pemekaran Kabupaten Banggai menjadi kabupaten baru.



Di sisi lain, Kabupaten Banggai sendiri juga berencana untuk membentuk empat kabupaten dan satu kota baru sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB).

Namun, saat ini pemekaran Kabupaten Banggai terkendala oleh moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Luas wilayah Kabupaten Banggai, yang beribukota di Kecamatan Luwuk, adalah 9.672 kilometer persegi, dan jumlah penduduknya mencapai lebih dari 376 ribu jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021.





×

Selain itu, isu pemekaran Kabupaten Banggai juga terkait dengan rencana pembentukan Provinsi Sulawesi Timur melalui pemekaran Provinsi Sulawesi Tengah.

Terdapat empat wacana pembentukan kabupaten dan satu kota baru melalui pemekaran Kabupaten Banggai, yaitu Kota Luwuk, Kabupaten Batui Toili, Kabupaten Tompotika Raya, dan Kabupaten Saluan.

***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr