sunbanner

Mengungkap Misteri Terowongan Tua di Jawa Timur, Usianya Lebih dari 113 Tahun, Panjangnya 690 Meter, Bukan di Malang, Tetapi di Wilayah Ini

Mengungkap Misteri Terowongan Tua di Jawa Timur, Usianya Lebih dari 113 Tahun, Panjangnya 690 Meter, Bukan di Malang, Tetapi di Wilayah Ini

Terowongan Mrawan - Jember--

Noni merupakan panggilan untuk perempuan keturunan Belanda yang belum menikah. Pada zaman dahulu, sebuah kisah menarik terjadi di terowongan ini yang melibatkan seorang noni Belanda.

Ceritanya, seorang noni Belanda ditemukan pingsan di dalam terowongan ini. Saat ditemukan, ia tak mengenakan busana apapun.



Ketika ia sadar, pertanyaan yang pertama kali keluar dari mulutnya adalah apakah dirinya masih perawan atau tidak.

Dari kisah ini, lahirlah nama terowongan Mrawan, yang merujuk pada kata "prawan" yang artinya perawan dalam bahasa Indonesia.

Kisah tentang noni tersebut menjadi bagian dari sejarah dan memberikan nuansa mistis pada terowongan ini.





×

Sekarang, Terowongan Mrawan terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau. Udara sejuk pegunungan dan hamparan kebun kopi yang luas menjadi daya tarik utama di daerah ini.

Pengunjung juga dapat menyewa lori atau gerobak wisata yang berjalan di atas rel untuk menikmati keindahan Gunung Gumitir.

Meskipun demikian, belum ada informasi pasti apakah lori wisata masih tersedia atau tidak. Namun, pengalaman menikmati pemandangan alam yang indah di Terowongan Mrawan tetap menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr