sunbanner

Panjangnya Mencapai 15,3 KM, Jembatan Terpanjang di Kalimantan Timur yang Habiskan Dana Rp300 Miliar, Suguhkan Pengguna Jalan dengan Pemandangan yang Memukau

Panjangnya Mencapai 15,3 KM, Jembatan Terpanjang di Kalimantan Timur yang Habiskan Dana Rp300 Miliar, Suguhkan Pengguna Jalan dengan Pemandangan yang Memukau

ILUSTRASI Jembatan Megah di Sulawesi Selatan Merambah 5 Menit Perjalanan. Detail Lokasinya di Sini!--

Pembangunan jembatan megah ini tidak hanya menyita perhatian publik karena panjangnya yang luar biasa, tetapi juga memberikan manfaat yang tak terhitung bagi masyarakat setempat.

Namanya adalah Jembatan Martadipura, yang menjulang gagah di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Negara, Kalimantan Timur.



Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2005 dan diresmikan pada tahun 2006, setelah dana sebesar Rp300 miliar dihabiskan untuk mewujudkannya.

Proyek monumental ini terdiri dari dua bagian utama: pembangunan jembatan dengan anggaran Rp100 miliar dan konstruksi jalan layang dengan anggaran Rp200 miliar.

Jembatan Martadipura dibangun dengan penuh ketelitian di atas rawa-rawa dengan menggunakan metode pile slab atau jalan layang.





×

Badan dan fondasi jembatan ini membentang sejauh belasan kilometer di atas lahan berawa yang menantang.

Pile slab, yang memiliki panjang tiga meter, berfungsi sebagai penghubung yang kuat di antara tiang-tiang penyangga.

Keberhasilan pembangunan jembatan ini tidak hanya terletak pada ketangguhannya, tetapi juga pada keindahan pemandangannya.

Jembatan Martadipura menjadi daya tarik bagi wisatawan dan fotografer yang ingin menangkap momen tak terlupakan.

Dengan berbagai pemandangan yang menakjubkan, jembatan ini menawarkan pengalaman luar biasa, terutama saat malam hari ketika lampu penerangan yang terpasang menambah keindahan panorama jembatan megah ini.

Untuk menjaga keindahan dan kebersihan jembatan Martadipura, petugas setempat secara rutin melakukan pengecekan kondisi jembatan.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr