sunbanner

Bendungan Terbesar di Deli Serdang Menyalurkan 3.000 LPS Air Baku ke Kota Medan, Dibangun dengan Biaya Proyek Rp1,3 Triliun!

Bendungan Terbesar di Deli Serdang Menyalurkan 3.000 LPS Air Baku ke Kota Medan, Dibangun dengan Biaya Proyek Rp1,3 Triliun!

Arungkan Gelombang Air, Bendungan Terbesar di Kalimantan Timur Siap Menyuplai 2.000 Liter per Detik ke IKN Nusantara!--

Keberadaannya diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat setempat dan sekitarnya.

Tak hanya itu, dalam segi desain dan konstruksi, Bendungan Lau Simeme juga patut diacungi jempol. Dibangun dengan tipe zonal timbunan batu.



Bendungan ini memiliki ketinggian mencapai 69,50 meter dari permukaan sungai. Panjang puncaknya mencapai 205 meter dengan luas area genangan mencapai 125,84 hektare.

Tak heran jika proyek ini memakan biaya operasional yang mencapai Rp1,3 triliun. Namun, hasilnya tampak sangat memuaskan.

Proyek Bendungan Lau Simeme merupakan salah satu dari proyek bendungan Kementerian PUPR yang anggarannya mencapai Rp47,13 triliun, dan proyek ini diperkirakan rampung pada tahun 2023.





×

Tentu saja, hadirnya bendungan terbesar di Deli Serdang ini membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Selain sebagai infrastruktur pengendali banjir, bendungan ini juga mampu mengurangi aliran air hulu Sungai Percut dan Sungai Deli hingga 86 meter kubik per detik.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr