sunbanner

Di TOK 13 Oktober, Keputusan Mengejutkan Presiden Restui Nama Wilayah di Sulawesi Selatan yang Baru, Simak Perubahannya!

Di TOK 13 Oktober, Keputusan Mengejutkan Presiden Restui Nama Wilayah di Sulawesi Selatan yang Baru, Simak Perubahannya!

Di TOK 13 Oktober, Keputusan Mengejutkan Presiden Restui Nama Wilayah di Sulawesi Selatan yang Baru, Simak Perubahannya!\--

Salah satu ciri khas Sulsel adalah kekayaan rempah-rempahnya yang terkenal. Namun, tidak hanya itu, ada juga aspek sejarah menarik yang terkait dengan perubahan nama beberapa daerah di provinsi ini. Kota Makassar, sebagai ibukota Sulsel, adalah salah satu contohnya.

Dahulu, sebelum dikenal sebagai Kota Makassar, kota ini pernah diberi nama Ujung Pandang.



Perubahan nama ini terjadi pada masa Orde Baru, tepatnya pada tanggal 31 Agustus 1971, dengan luas wilayah mencapai 175,8 km2.

Meskipun baru diresmikan pada tahun 1971, sebutan Ujung Pandang telah dikenal sejak tahun 1950-an.

Nama Ujung Pandang dipilih karena terinspirasi dari salah satu kampung di wilayah tersebut atau bisa juga berasal dari benteng yang didirikan pada masa Raja Gowa Tunipalangga pada tahun 1545.





×

Baca juga: Dana Rp400 M Diborong Bosowa untuk Stadion FIFA di Sulawesi Selatan: Desainnya Bikin Tak Sabar!

Baca juga: Akhirnya Daerah Seluas 44 Km2 Ini Diizinkan Bergabung dengan Jawa Tengah Oleh Kemendagri Sudah Sah Sejak 15 Agustus

Baca juga: Auto Boros Bensin Tinggal di Sini, Jauh dari Pusat Kota dan Hiburan, 5 Daerah Terpencil di Gorontalo: Jarak Tempuhnya Mencapai 126 Kilometer

Namun, pada 13 Oktober 1998, nama Ujung Pandang diubah menjadi Makassar oleh Presiden BJ Habibie, yang berasal dari Sulsel.

Pergantian nama tersebut didasarkan pada pandangan bahwa nama Makassar lebih mencerminkan budaya dan sejarah kota tersebut. Langkah ini mendapat dukungan dari DPRD dan masyarakat setempat.

Makassar, dengan segala keunikannya, merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia Timur, terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi menghadap Selat Makassar.

Demikianlah cerita mengenai perubahan nama daerah di Provinsi Sulawesi Selatan yang menarik untuk disimak.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr