sunbanner

Napak Sejarah Asal Usul Stasiun Balapan Solo, Berikut Detail  Signifikansinya dalam Perjalanan Kota Solo yang Penuh Misteri

Napak Sejarah Asal Usul Stasiun Balapan Solo, Berikut Detail  Signifikansinya dalam Perjalanan Kota Solo yang Penuh Misteri

Kereta Api-haidan/unplash-

Napak Sejarah Asal Usul Stasiun Balapan Solo, Berikut Detail  Signifikansinya dalam Perjalanan Kota Solo yang Penuh Misteri.

Mengajak berdestinasi wisata sambil mengenang sejarah stasiun Balapan Solo merupakan sebuah cerita bersejarah yang tak terbantahkan di kota Solo, telah menjadi saksi bisu perjalanan panjang kota ini dan menghubungkannya dengan kota-kota besar di Pulau Jawa.



Stasiun ini didirikan tahun 1873 dan bukan hanya menjadi stasiun tertua di Solo, tetapi juga memiliki peran yang sangat penting dalam sejarah transportasi di wilayah ini.

Asal Mula dan Lokasi Stasiun

Sebelum menjadi stasiun kereta api, lahan yang kini ditempati oleh Stasiun Balapan adalah alun-alun utara milik Keraton Mangkunegaran.

Baca juga: Pertama Kali di Jawa Timur! Kereta Gantung Senilai 700 M ini Bukan Dibangun di Kota Dingin Malang Melainkan...





×

Baca juga: Lanjut Cerita! Nonton Drama China Mr. and Mrs. Chen (2023) Episode 29-30 Sub Indo di Mana? Berikut Info Penyayangan Terlengkap

Masuk ke dalam lagi, anda akan menemukan pacuan kuda balapan yang menjadi salah satu hiburan yang sangat populer pada masa pemerintahan Mangkunegoro IV.

Solo sedang mengalami banyak perubahan signifikan dari pola pedesaan menjadi pola perkotaan.

Perubahan tersebut merupakan hasil dari ide-ide perubahan yang dipromosikan oleh pemerintah kolonial Belanda yang saat itu memegang kendali.

Ide-ide ini berkaitan erat dengan pembangunan sarana dan prasarana umum, termasuk sektor transportasi kereta api.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr