sunbanner

Kisah Dibalik Daerah Magelang yang Masih Misterius, Simak Asal Mula Nama dan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui

Kisah Dibalik Daerah Magelang yang Masih Misterius, Simak Asal Mula Nama dan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui

daerah-andri-hermawan/unplash-

Asal Usul Nama Magelang 

Di tengah hamparan sejarah Nusantara, Magelang bersinar sebagai salah satu kota tertua yang memancarkan pesona dan makna mendalam.

Hari jadi Magelang, yang tercatat pada tanggal 11 April 907 Masehi, menandai awal keberadaannya yang gemilang.



Jejak sejarahnya yang dalam didokumentasikan melalui Prasasti POH, Prasasti Gilikan, dan Prasasti Mantyasih, tiga lempengan tembaga yang menyimpan cerita masa lalu.

Salah satu misteri yang mengelilingi Magelang adalah asal-usul nama kota ini. Versi yang paling terkenal dan populer adalah cerita tentang "tepung gelang" atau "atepung-temugelang," yang berarti mengepung seperti gelang.

Legenda ini menceritakan pertarungan epik antara Pangeran Purbaya dan raja jin bernama Jin Sepanjang di hutan Kedu. Namun, apa hubungannya dengan nama Magelang?





×

Namun, perlawanan sengit terjadi, dan Tombak Kyai Pleret yang dibawa oleh Pangeran Purbaya membuat Jin Sepanjang mundur.

Meski begitu, Jin Sepanjang bersumpah untuk membalas dendam karena telah mengubah hutan tempatnya tinggal menjadi perkampungan.

Setelah pertarungan berkecamuk, sebagian wilayah Hutan Kedu mulai berubah menjadi desa-desa yang subur, dan penduduk pun berdatangan.

Namun, Raja jin yang merasa terusir berubah menjadi manusia bernama Sonta dan menimbulkan penyakit misterius di desa. Pangeran Purbaya, yang mengetahui identitas sebenarnya Sonta, yang sekarang menjadi Jin Sepanjang, memulai pertarungan berbahaya.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr