sunbanner

Berjarak 205 Km dari Bukittinggi, Apakah Kepulauan Ini Benar-benar Bubarkan Diri dari Peta Indonesia karena Hanya Memiliki 14 KK?

Berjarak 205 Km dari Bukittinggi, Apakah Kepulauan Ini Benar-benar Bubarkan Diri dari Peta Indonesia karena Hanya Memiliki 14 KK?

Kepulauan Mentawai--

Namun, di sisi lain, ada daerah yang justru sangat sepi penduduknya, dengan kepadatan hanya 14 orang per km persegi.

Menyingkap kepingan keindahan Sumatera Barat, terdapat satu kabupaten yang menjadi kabupaten tersepi di provinsi ini.



Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dengan rata-rata kepadatan penduduk sekitar 14,94 per km persegi dan populasi penduduk sekitar 89.401 jiwa pada tahun 2022, Kabupaten Kepulauan Mentawai menonjol sebagai daerah dengan populasi yang relatif sedikit.

Tak hanya itu, keunikan Kabupaten Kepulauan Mentawai juga tercermin dalam luas wilayahnya yang mencapai 5.983,222 km persegi.

Wilayah ini merupakan yang terluas kedua di Sumatera Barat. Dengan luas wilayah yang besar dan jumlah penduduk yang terbatas, kabupaten ini menawarkan pesona alam yang memikat dengan keheningan dan ketenangan yang sulit ditemukan di daerah-daerah lainnya.





×

Pesona Kepulauan Mentawai menarik perhatian para wisatawan dan peneliti, karena kekayaan budaya dan kehidupan masyarakatnya yang khas.

Meskipun menjadi kabupaten tersepi, tempat ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai destinasi ekowisata dan kegiatan berbasis masyarakat.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr