sunbanner

Sejarah Nama Purworejo Dimulai Pada Abad ke-19 Ada Apa dengan Begelen? Ternyata Ini Fakta Menarik Si Kota Pejuang

Sejarah Nama Purworejo Dimulai Pada Abad ke-19 Ada Apa dengan Begelen? Ternyata Ini Fakta Menarik Si Kota Pejuang

daerah-nurul-fikriyah/unplash-

Perkembangan Menuju Kabupaten Purworejo

Perjalanan sejarah Bagelen mencapai puncaknya ketika wilayah ini dibagi menjadi beberapa kadipaten, salah satunya adalah Kadipaten Purworejo.

Raden Adipati Arya Cokronegoro diangkat sebagai bupati pertamanya. Pada tahun 1936, Gubernur Jenderal Hindia Belanda menggabungkan Kadipaten Purworejo, Kutoarjo, dan sebagian wilayah Urut Sewu/Ledok, membentuk Kabupaten Purworejo.



Baca juga: 5 Kabupaten Ini Pilih Berpisah dari Kalimantan Barat dan Masuk Provinsi Baru, Ini Calon Daerah Kapuas Raya

Baca juga: TOK! 3 Provinsi Baru Pemekaran Sumatera Utara Bakal Dibentuk, Medan Jadi Ibukota Daerah Mana? Simak Isu Wacana DOB

Peristiwa ini menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan Purworejo. Kota Purworejo pun berubah menjadi kota tangsi militer yang dihuni oleh tentara Belanda dan tentara Afrika Barat, yang terkenal dengan julukan "Belanda Hitam." Mereka tinggal di wilayah Purworejo, memberikan warna tersendiri dalam sejarah kota ini.





×

Melalui perubahan nama dan perkembangan sejarah yang panjang, Kabupaten Purworejo terus bertransformasi menjadi daerah yang maju dan makmur.

Makna mendalam dalam namanya, "daerah yang mengawali untuk maju dan makmur," tetap terpatri dalam identitas Purworejo hingga saat ini.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr