sunbanner

Provinsi Aceh Segera Lakukan Pemekaran! Mengungkap Alasan Mendesak Pembentukan 2 Provinsi Baru yang Dinilai Vital untuk Mandiri dan Otonom

Provinsi Aceh Segera Lakukan Pemekaran! Mengungkap Alasan Mendesak Pembentukan 2 Provinsi Baru yang Dinilai Vital untuk Mandiri dan Otonom

Terbelahnya Aceh: Kota Baru Muncul di Tengah Banda Aceh dan Medan! Boyong Wilayah Seluas 181,06 Km² Hasil Pemekaran Daerah Terpencil Ini,--

Provinsi selanjutnya yang akan dimekarkan adalah provinsi Aceh Barat Selatan. Provinsi ini nantinya akan terdiri dari 6 kabupaten. 

Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Barat Daya, dan Kabupaten Nagan Raya.



Luas wilayah calon provinsi Aceh Barat ini akan seluas 17.480 kilometer persegi. Rencananya ibukotanya akan ada di kabupaten Aceh Barat. 

Pemekaran ini dilakukan karena menyadari bahwa ada kekurangan pada provinsi Aceh yang harus diatasi yakni mengenai stunting yang cukup parah. 

Maka dari itu isu mengenai adanya pemekaran ini sangat didukung. Selain itu, ada provinsi lainnya yang akan dibentuk yakni provinsi Samudra Pase yang mana akan bergabung 2 kota dan 4 kabupaten tersebut.





×

Yakni Kota Langsa, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Kabupate Aceh Timur, Kabupaten Bireun, dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Namun isu ini masih wacana dan kelanjutan informasinya perlu untuk diketahui lebih lanjut. 

 

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr