sunbanner

283 Juta USD Demi Bendungan di Jateng? Proyek Jawa Tengah yang Membuat Semua Tergugu, 11 Tahun Dibangun? Kenapa Lama Sekali?

283 Juta USD Demi Bendungan di Jateng? Proyek Jawa Tengah yang Membuat Semua Tergugu, 11 Tahun Dibangun? Kenapa Lama Sekali?

Tragedi Mengapa 37 Desa Rela Ditenggelamkan demi Waduk Megah Kedung Ombo?-HOerwin56/pixabay-

Bendungan Kedung Ombo merupakan proyek bendungan yang besar yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia pada era 1980-an, ketika pembangunan bendungan ini dimulai.

Proses perencanaan Bendungan Kedung Ombo dimulai sejak tahun 1980 dan mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Indonesia pada waktu itu.



Meskipun demikian, karena terkendala oleh masalah pendanaan, pembangunan bendungan ini baru dimulai pada tahun 1984 dan baru selesai pada tahun 1991.

Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pembangunan Bendungan Kedung Ombo memakan waktu selama 11 tahun yang terhitung cukup panjang, mulai dari tahap perencanaan hingga penyelesaiannya.

Bendungan Kedung Ombo di Jawa Tengah: Keajaiban Konstruksi dan Dampaknya bagi Masyarakat Setempat





×

Bendungan Kedung Ombo di Jawa Tengah telah menjadi bukti nyata akan kekuatan dan keindahan rekayasa infrastruktur di Indonesia.

Saat pembangunannya, tidak bisa dipungkiri bahwa proyek ini membutuhkan biaya yang fantastis, yang sebagian besar didanai melalui pinjaman dari negara asing. Total biaya yang dihabiskan mencapai angka mencengangkan, yaitu 283,2 juta dolar Amerika.

Bendungan ini menjulang dengan panjang sekitar 1.600 meter dan memiliki volume mencapai 6,2 juta meter kubik.

Letaknya strategis, membendung sepanjang aliran Sungai Serang dan juga di tempat pertemuan dengan Sungai Uter.

Simak pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr