sunbanner

Pecah! Lampung Berubah Wajah dengan 6 Daerah Baru: Pelajari Potensi Menarik di Setiap Kabupaten, Ada Apa Saja?

Pecah! Lampung Berubah Wajah dengan 6 Daerah Baru: Pelajari Potensi Menarik di Setiap Kabupaten, Ada Apa Saja?

Pecah! Lampung Berubah Wajah dengan 6 Daerah Baru: Pelajari Potensi Menarik di Setiap Kabupaten, Ada Apa Saja?-(Freepik.com/@freepik)-

Pada tanggal yang sama, Kota Metro juga resmi menjadi daerah otonom setelah dipisahkan dari Kabupaten Lampung Tengah.

Selain itu, Kabupaten Lampung Selatan juga mengalami pemekaran menjadi Kabupaten Pesawaran, sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Pesawaran di Provinsi Lampung.



Undang-undang tersebut menetapkan wilayah Kabupaten Pesawaran terdiri dari tujuh kecamatan, termasuk di antaranya Kecamatan Gedong Tataan, Way Lima, Padang Cermin, Negeri Katon, Kedondong, dan Punduh Pidada.

Kabupaten Tanggamus kemudian ikut melakukan pemekaran dan membentuk Kabupaten Pringsewu, yang resmi ditetapkan pada 26 November 2008 melalui keputusan perundang-undangan (Undang-undang Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Pringsewu di Provinsi Lampung).

Baca juga: Deretan Pantai Terbengkalai di Indramayu! Apa yang Terjadi di Kabupaten Ini? Bangunan Ambruk, Kondisi Memprihatinkan? Kenapa Mendadak Tutup?





×

Baca juga: Luasnya Mencapai 42,43 Km² dan 1.283,44 Km²: Akhirnya Kemendagri Meresmikan Daerah Baru yang Digadang-Gadang Sebagai Pemecah Kota Bandung, Ciamis Atau Bogor?

Pada tahun 2008 juga, Kabupaten Tulang Bawang memekarkan diri menjadi Kabupaten Mesuji.

Terakhir, Kabupaten Pesisir Barat juga termasuk dalam daftar pemekaran wilayah di Provinsi Lampung.

Kabupaten ini terbentuk melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat di Provinsi Lampung, dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat.

Demikianlah, daftar lengkap kabupaten yang telah resmi membentuk daerah baru atau melakukan pemekaran wilayah di Provinsi Lampung.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr